CDM & Enrollment Service

Chrome Device Management (CDM) atau sekarang disebut Chrome Education Upgrade (CEU) adalah lisensi dari Google yang dibutuhkan admin IT atau operator sekolah untuk dapat mengelola berbagai perangkat Chromebook sekaligus dari satu platform cloud. Sedangkan enrollment service adalah layanan atau solusi untuk mendaftarkan lisensi CEU ke perangkat chromebook secara manual atau otomatis (zero-touch).

Download Brosur

CDM Enrollment Service

Proses order & enroll CDM atau CEU pada Chromebook dapat dilakukan oleh pihak Datascrip selaku Google for Education Partner.

CDM atau Chrome Education Upgrade harus sudah tersedia; Datascrip selaku authorized partner telah melakukan proses order CDM ke Google dan telah memiliki akun dengan enrollment permissions.

Lewati langkah ini apabila Chromebook baru dibuka pertama kali dari packaging. Apabila Chromebook pernah digunakan sebelumnya, sebelum melakukan enroll CDM lakukan proses wipe/penghapusan data lokal perangkat Chromebook.

  1. Perangkat Chromebook harus sedang dalam keadaan mati/off.
  2. Tekan Esc+Refresh+Power. Tulisan “Harap masukkan stik USB atau kartu SD pemulihan” atau ikon tanda seru (!) berwarna kuning akan muncul pada layar Chromebook.
  3. Tekan Ctrl+D untuk masuk ke mode Developer, kemudian tekan Enter.
  4. Tekan Spasi, kemudian tekan Enter untuk mengonfirmasi.
  5. Tunggu proses penghapusan data lokal Chromebook selesai dan reboot ke tampilan muka.

Setelah proses wipe data lokal Chromebook selesai, proses enroll CDM atau CEU dapat dilakukan.

  1. Pada tampilan muka Chromebook, pilih Bahasa Indonesia dan klik Ayo mulai!
  2. Sambungkan Chromebook ke jaringan internet atau Wi-Fi.
  3. Pada halaman Masuk ke Chromebook, klik Opsi lainnya dan pilih Pendaftaran perusahaan.
  4. Pada halaman Pendaftaran Perusahaan, masuk menggunakan email dan password akun Google yang memiliki enrollment permissions.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses enroll CDM selesai, kemudian matikan Chromebook.

Catatan: tahapan-tahapan di atas mungkin akan sedikit berbeda tergantung versi Chrome OS saat perangkat Chromebook di-enroll.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui apakah perangkat Chromebook sudah atau belum melalui proses enroll CDM atau CEU.

  1. Hidupkan Chromebook.
  2. Lihat toolbar di bagian kanan bawah layar.
  3. Klik toolbar untuk memunculkan tampilan yang lebih besar.
  4. Apabila ada tulisan “Managed” maka perangkat Chromebook tersebut telah berhasil di-enroll.

Adapun beberapa ketentuan data sekolah yang perlu diperhatikan sebelum melakukan order CDM atau CEU ke Datascrip.

  1. Proses order & enroll CDM atau CEU hanya dapat diproses Datascrip ke Google setelah data sekolah telah diterima Datascrip.
  2. Kelengkapan dan keakuratan data sekolah se-Indonesia dapat dicek melalui situs https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/ atau https://referensi.data.kemdikbud.go.id.
  3. Domain/email sekolah yang diisi BUKAN yang berakhiran gmail.com, yahoo.com, dst. (biasanya berakhiran sch.id, ac.id, atau belajar.id), pastikan kembali ke operator sekolah yang bersangkutan.

Proses order & enroll CDM membutuhkan data akun, domain, dan website sekolah (terutama untuk sekolah swasta). Kami dapat membantu pihak sekolah dalam mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan sekaligus memberikan jasa pengembangan, desain, dan pemeliharaan website sekolah sesuai kebutuhan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Memperkenalkan: zero-touch enrollment untuk chromebook

Zero-touch enrollment adalah solusi terbaru dari Google dan Datascrip selaku authorized pre-provisioning partner – Indonesia untuk mempercepat proses pendaftaran/enrollment lisensi CDM atau CEU ke chromebook. Chromebook ter-enroll secara otomatis saat pertama kali terkoneksi internet, menghemat waktu Anda berjam-jam!